Yang Terlupa


Suatu kali, ketika sedang ber-blog-walking ria, saya menemukan sebuah tulisan yang sukses membuat saya rindu luar biasa pada orang tua saya. Sampai nangislah pokoknya habis baca itu. Yang saya ingat dari tulisannya kira-kira begini, selama ini kita sering terfokus pada bertambahnya usia kita atau buah hati kita. “Masya Allah si Kakak sudah mau masuk sekolah tahun ini. Enggak terasa ya.” Atau, “aaah…how time flies so fast. Tahun depan usiaku sudah masuk kepala tiga.” Namun kita lupa bahwa Bapak-Ibu kita juga semakin tua. Uban mulai menyebar luas di semua kepala. Keriput mulai menonjol di wajah mereka. Penglihatan mulai berkurang, dll, dll, dll.

Pas baca yang di atas itu saya masih biasa-biasa saja. Karena sebetulnya yang paling menohok itu adalah komentar yang masuk pada tulisan tersebut. Ceritanya, si pemilik komentar ini, sebut Mbak A, termasuk di antara yang jarang bertemu ibunya (Bapaknya sudah meninggal, kalau tidak salah). Mbak A hanya bisa bertemu setahun sekali sebab beliau tinggal beda provinsi dengan sang Ibu. Di situ disebutkan pula usia Ibunya Mbak A, tapi saya lupa. Anggap saja 60 tahun.

Nah, ketika mudik lebaran kemarin, Ibunya Mbak A ini tiba-tiba nyeletuk,

“Nduk, kamu kan pulangnya cuma setahun sekali. Itu berarti, kalau jatah umur Ibu cuma sampai 65 tahun, Ibu cuma punya jatah 5 kali lagi ketemu kamu, ya Nduk.”

Haduh, mata saya berkaca-kaca lagi pas nulis ini. Merindu Mama-Papa yang juga semakin menua, di kampung sana.

Allaahummaghfirli  wa liwaalidayya warhamhuma kama rabbayaani shaghiraa. Wa yassir lahuma ziyaratal haramain, yaa Rabb. Innaka sami’ud du’aa’. 

Photo was taken by Verawaty Lihawa
Photo was taken by Verawaty Lihawa

Ummul Hamam, Riyadh, KSA, 9 Dzulqa’dah 1434 H

Verawaty Lihawa

Advertisements

2 thoughts on “Yang Terlupa

  1. huhuhuhu, saya jd ikutan nangis mbak,, meskipun saya lbh sering ketemu bapak ibu (sebulan sekali), tp jd berkaca2 n berlinangan air mata kalo keingat Insyaa Allah suatu saat nanti akan berpisah jauh dr mereka… g tahu berapa tahun sekali bisa ketemu mereka T_T

    Like

Comments are closed.